Atasi Error Saat Backup

Teknorus.com – Salah satu fitur unggulan di Windows Phone 8.1 adalah penanganan backup yang lebih baik. Dengannya, Anda bisa mengembalikan (restore) sistem yang sebelumnya sudah dibackup jika mengalami masalah atau hal lain.

Baca juga : Gudang Movie

Namun pada beberapa kasus, dijumpai permasalahan lain saat melakukan proses backup. Di antaranya proses backup yang mengalami kegagalan berulangulang. Update Windows Phone 8.1 melalui aplikasi Preview for Developers terkadang memiliki permasalahan dalam hal backup. Namun berikut solusinya untuk permasalah yang umum ini.

Permasalahan

Permasalahan Saat melakukan backup, pastikan Automatic Backup sudah diaktifkan. Untuk itu, masuk ke Settings>Backup> Apps+Settings. Posisikan Setting Backup ini ke kondisi On. Jika berjalan normal, Anda akan melihat tulisan Last backup about a month ago (tergantung proses backup yang telah dilakukan).

Namun jika proses backup gagal, maka Anda akan menjumpai pesan There was a problem backup up your settings. Try again later. Biasanya hal ini sering dijumpai pada Anda yang menggunakan atau mengupdate Windows Phone 8.1 melalui aplikasi Preview for Developers.

Solusinya

Untuk mengatasinya, Anda bisa memperbaikinya dengan langkah mudah. Pada bagian Apps+Settings, tekan Manage Backups dibagian bawah.

Selanjutnya Windows Phone 8.1 akan memeriksa backup pada akun OneDrive yang Anda miliki. Setelah selesai, tekan Delete pada backup yang diklaim mengalami error tersebut.

Setelahnya lakukan kembali proses backup dari awal. Pada halaman Apps+settings, tekan fungsi Backup Now. Tunggu hingga prosesnya selesai, tergantung dari besarnya sistem yang ada pada smartphone Anda.

Jika Anda ingin mengembalikan konfgurasi dari backup tersebut, lakukan reset terlebih dahulu. Caranya masuk ke Settings>About> Reset your phone. Setelah selesai, saat pengaturan akun, pastikan Anda mematikan terlebih dahulu data internet dari operator dan gunakan koneksi WiFi. Hal ini dikarenakan membutuhkan proses data yang besar. Setelah ditanya untuk proses restore, tekan backup yang sebelumnya telah dibuat dan tekan Next. Masukkan akun Microsoft yang Anda miliki. Tunggu prosesnya hingga selesai.