Cara Supaya Furniture Kayu Anda Tetap Mengkilap

Setiap orang pasti ingin furniture yang dimilikinya tetap terlihat mengkilap, meskipun sudah lama digunakan. Secara umum, untuk mengkilapkan furniture harus dilakukan dengan pengecatan ulang atau re-coating. Tentu ini bukanlah pilihan bagus bagi sebagian orang, khususnya mereka yang tidak mempunyai budget berlebih. Apalagi sekarang ini banyak produk furniture yang di buat dengan menggunakan bahan kayu seperti kursi tamu jati, meja makan mewah jati, meja makan trembesi,mimbar masjid, podium kayu hingga rumah juga banyak di buat dengan menggunakan bahan kayu.

Sebagai alternatif, mereka bisa mencoba cara mengkilapkan furnitur kayu dengan bahan alami. Memangnya bisa? Temukan sendiri jawabannya di pembahasan berikut.

Cara Supaya Furniture Kayu Anda Tetap Mengkilap

Salah satu produk yang cukup direkomendasikan untuk membantu mengkilapkan furnitur kayu adalah biopolish. Di pasaran saat ini, tersedia dua jenis biopolish untuk berbagai furnitur kayu, yaitu biopilish linseed oil dan biopolish beeswax.

Perbedaanya, biopolish beeswax digunakan untuk merawat furniture kayu yang memiliki kontak secara langsung dengan bahan-bahan makanan. Di sisi lain, biopolish linseed oil dipakai untuk merawat furniture kayu outdoor atau yang tidak kontak dengan bahan makanan.

Cara pemakaiannya mudah, sama sekali tidak ribet dan repot. Anda hanya perlu mengoleskan ke furnitur yang diinginkan, kemudian menggosoknya menggunakan kain bersih. Terus gosok sampai furnitur kayu terlihat bersih, mengkilap dan sudah tidak legket.

Biopolish merupakan produk yang menjadi solusi perawatan furniture kayu lama yang mulai pudar akibat noda atau pemudaran warna secara alami. Sebagai bahan pertimbangan lebih lanjut, Anda bisa mengecek terlebih dahulu apa saja keunggulan dan kelemahan dari penggunaan biopolish.

Keunggulan:

  • Aplikasinya sangat mudah, cukup dioleskan pada furniture
  • Tidak memerlukan campuran bahan lainnya
  • Aman digunakan
  • Bisa dipakai secara berulang
  • Bersifat food grade, maksudnya adalah aman dipakai untuk beragam furnitur kayu yang kontak langsung dengan makanan
  • Higienis

Kekurangan:

  • Hasilnya tidak bisa bertahan lama, sehingga Anda harus rajin-rajin mengaplikasikannya
  • Tingkat glossy yang ditawarkan kurang dari 100%, jika dibandingkan dengan melamin maka hanya sampai di level doft

Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara membuat furnitur kayu tetap mengkilap secara alami, tanpa membutuhkan proses pengecatan ulang. Sehingga, Anda bisa lebih hemat pengeluaran. Jangan berpikir hasilnya bisa sempurna, namun juga tidak mengecewakan.

Untuk menilai bagaimana hasilnya, Anda bisa mencoba sendiri. Bisa dicoba untuk kursi tamu, meja makan, dan sebagainya.