Families Fun Day Out

pascal-edu.com – Families Fun Day Out yang diselenggarakan di Ice Palace, Lotte Shopping Avenue (26/4) Jakarta ini, mengajak para pembaca tercinta tak sekadar bersenang-senang di tempat yang cozy namun juga sharing pengalaman soal pengasuhan. Nah, pada kesempatan ini temanya adalah “Bagaimana menciptakan Pemimpin Masa Depan dengan Mengembangkan Imajinasi Anak”. Menurut Irma Gustiana Andriani, MPsi seorang pemimpin harus memiliki imajinasi yang wah. Nah, imajinasi seperti itu bisa muncul jika perkembangan otak anak maksimal. Perkembangan otak anak, seperti kita ketahui, dipengaruhi oleh gen, tapi hanya 20%.

Belajar Dari Simba

Sisanya, 80% merupakan hasil dari stimulasi. Nah, stimulasi yang baik itu, lanjut Irma, harus bisa mengoptimalkan kedua belahan otak anak. “Seorang peneliti bernama Roger Sperry mengemukakan setiap manusia memiliki dua belahan otak, kanan dan kiri. Bagian otak kanan adalah seni, intuisi, sosialisasi, dan lainnya. Sedangkan otak kiri lebih kepada eksakta, logika, dan lainnya.” Jadi, jika anak pintar dan berprestasi secara akademis namun tak pandai bersosialisasi bisa jadi stimulasi terhadap otak kanannya kurang optimal. Sri Yulianty, pembaca setia yang hadir dalam kesempatan tersebut bercerita mengenai anak perempuannya yang pintar dan berprestasi, tapi jago kandang.

“Saya sadar hal ini tidak baik. Maka saya sering-sering membawanya ke tempat umum dan berinteraksi dengan anak lain, seperti sekarang ini . Tujuannya demi memberikan stimulasi padanya.” Apa yang dilakukan Sri, mengajak buah hatinya bertemu banyak orang, sudah tepat. Namun Irma menambahkan tip lainnya, yakni sering-seringlah mendongeng kepada si kecil. Mendongeng baik untuk mengembangkan kemampuan otak kanan dan kiri anak serta membuat anak terlatih berpikir terstruktur. Berkat dongeng pun daya ingat dan imajinasi anak akan berkembang kuat. “Untuk anak balita, membacakan dongengnya enggak perlu lama-lama, 5-6 lembar halaman buku sudah cukup.”

Setelah sesi tanya jawab dan diskusi usai, tibalah puncak acara yang ditunggu-tunggu, yaitu pemutaran film Lion King. Saat nonton bareng ini, mama, papa, dan para penonton cilik yang hadir tampak larut dalam kisah perjuangan Simba untuk menjadi raja hutan.