Memory Interface Graphics Card

bit, 128 bit, 256 bit, atau 384 bit? Itulah beberapa opsi memory interface yang ada pada graphics card. Bus width atau yang biasa disebut memory interface merupakan lebar jalur disediakan untuk memori yang digunakan pada graphics card. Layaknya sebuah jalan raya, semakin lebar jalurnya, semakin banyak pula mobil yang dapat melalui jalan tersebut secara bersamaan. Contohnya, pada saat sepuluh mobil melewati jalan dengan tiga jalur dibandingkan dengan empat jalur, manakah yang lebih cepat?

Tentu jawabannya adalah yang memiliki jalur yang lebih banyak. Sedangkan graphics card, semakin besar bus width maka semakin banyak data yang dapat diproses pada waktu yang bersamaan. “bus” sendiri merupakan subsistem yang bertugas untuk mentransfer data antarkomponen di dalam komputer. Hingga saat ini, angka bus width terbesar pada graphics card adalah 512 bit.

Meski begitu, performa dari graphics card yang memiliki bus witdh 512 bit pun masih mungkin dikalahkan oleh graphics card dengan bus width yang lebih kecil. Pasalnya, masih ada hal lain yang terkait dengan bus width ini. Di antaranya ialah seberapa cepat jenis memori yang digunakan, besar kapasitas memori, serta seberapa optimal arsitektur yang digunakan untuk mampu mengorganisasikan memori dan komponen lainnya.

Hasil benchmark

Pada pengujian kali ini, menggunakan dua graphics GeForce GT 630 yaitu ASUS GT630-2GD3 dan ASUS GT630-SL- 2GD3-L. Masing-masing graphics card ini diuji dengan menggunakan platform prosesor Intel Core i7 4770K pada mainboard MSI Z87 XPOWER, memori Corsair Vengeance 2 x 8 GB, hard disk WD Caviar Black 1 TB, dan power supply Cooler Master Silent Pro Gold 800 watt.

Untuk melihat performanya, CHIP menjalankan beberapa game yang cukup berat dengan setting medium pada dua resolusi berbeda, yaitu 1280 x 720 dan 1920 x 1080. Selain itu, aplikasi Media Espresso 6.5 juga digunakan untuk menguji kecepatan konversi video. Video yang dikonversi merupakan video yang beresolusi 1920 x 1080 lalu diubah menjadi 1280 x 720.